Musik Indonesia di Tahun Macan Air

Selamat datang tahun Kelinci Air. Selamat tinggal tahun Macan Air.

Seraya menyambut rilisan-rilisan musik lokal selanjutnya di tahun Kelinci, saya ingin sedikit retrospeksi dari apa yang sudah terjadi di musik Indonesia di bawah naungan Macan Air yang lalu.



Berdasarkan penelurusan di mesin pencarian, sifat Macan Air antara lain memiliki karakter yang kaya ide, terbuka dan selalu mencari-cari pengalaman baru. Seperti semua karakter tersebut sangat tepat untuk menggambarkan musik Indonesia sepanjang 2022.

Gelombang pendatang baru semakin meriah dan kabar baiknya banyak di antara mereka langsung menuai pujian, angka putar yang merengsek naik serta jadwal panggung yang rapat hanya dengan modal satu atau dua lagu saja atau juga sebuah album perdana. Keterbukaan Macan Air dibuktikan dengan semakin luasnya selera masyarakat yang membuat lagu dari ragam genre, rentang tahun perilisan hingga lagu dengan bahasa daerah mudah naik ke permukaan. Mulai dari "Ojo Dibandingke" yang jadi tembang nasional 2022, lagu berbahasa Sunda berumur 27 tahun milik Doel Sumbang "Runtah" yang populer di TikTok, lagu Utha Likumahuwa dari 35 tahun lalu "Sesaat Kau Hadir" yang mendapat kesempatan hidup kedua hingga seksinya musik Rock lokal yang membuat grup Punk seperti The Jansen, Dongker dan grup Emo For Revenge berhasil bertengger pada tangga lagu populer dan bersanding dengan bintang-bintang Pop seperti Tulus dan Tiara Andini.

Karena musik Indonesia di tahun Macan Air ini sangat dinamis saya jadi tergerak untuk melakukan ritual tahunan (walau beberapa tahun ke belakang menjadi ritual dua tahunan) untuk berbagai rilisan-rilisan favorit sepanjang tahun yang kerap saya dengarkan di waktu-waktu pribadi dan telah disusun berdasarkan beberapa kategori yang kali ini karena pengaruh karakter Macan Air membawa penjelajahan musik saya ke spektrum yang lebih luas lagi. Seperti menemukan band Hardcore Punk dari Balikpapan, band Indie Pop dari Sidoarjo, kolektif MC dari Kalimantan Selatan hingga Gangsta Rap dari Sorong.

Terima kasih Macan Air atas suasana musik Indonesia yang begitu segar dan bergelora.


Mungkin Terlewat


Rilisan lagu Indonesia favorit di 2022 yang mungkin belum menjangkau banyak telinga.




Raung Dawai

Lagu Rock/Alternatif dalam negeri terfavorit yang dirilis di 2022.




Manisan

Lagu indie pop/twee dalam negeri terfavorit yang dirilis di 2022.


Berceloteh

Lagu-lagu Hip Hop dalam negeri terfavorit yang dirilis di 2022.




Merasuk Jiwa


Lagu-lagu R&B dalam negeri terfavorit yang dirilis di 2022.






Angkatan 2022


Para pendatang baru musik Pop yang patut disimak sepanjang 2022.





Bebunyian


Lagu-lagu experimental lokal yang dirilis di 2022.




Kilas Kota: 022


Denyut musik di kota Bandung sepanjang 2022.









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Day #11: The Like In I Love You

Lampau: Ulasan Album Centralismo - SORE