Dimas Ario's Favorite Local Songs of 2015


2015 adalah tahun yang sangat dinamis dan menggembirakan untuk dunia musik Indonesia. Lebih menggembirakan, tahun ini ada nama-nama dari Surabaya, Yogyakarta hingga Medan yang merilis karya-karya yang mempesona.

Di tahun ini beberapa album yang sudah dinanti sekian tahun lamanya akhirnya rilis. Ada beberapa nama yang sudah cukup lama berseliweran juga akhirnya merilis debut album penuhnya. Di antara itu ada album yang akhirnya menjadi pencapaian artistik tertinggi sepanjang karir band tersebut. Sebaliknya ada album yang ditunggu namun ternyata kualitasnya tidak sebagus album-album sebelumnya.

Sementara itu ada juga nama-nama baru yang semakin membuat 2015 sarat akan gizi musikal. Ada yang mendapat sorotan dan publikasi berlimpah, ada pula yang namanya tidak begitu bergaung walau musik mereka layak dan sepantasnya didengar oleh lebih banyak orang.

Seperti yang saya lakukan di tahun-tahun sebelumnya, tahun ini saya menyusun lagu-lagu favorit dari para musisi atau band negeri ini yang patut mendapat apresiasi karena kualitasnya bukan karena pengaruh media, hype atau hubungan pertemanan.

Tidak ada rumusan baku bagaimana sebuah lagu dapat dikatakan bagus atau tidak. Ukurannya kembali ke selera dan preferensi masing-masing yang terbentuk dari apa yang telah kita dengar, baca, tonton sejak dulu.

Secara umum, lagu-lagu yang ada di list ini saya bagi dalam tiga ketegori: enak, keren dan indah. Ada beberapa lagu yang mencakup ketiganya. Ada juga yang hanya memiliki satu faktor saja. Tentunya adanya ketiga faktor ini merupakan dalih bagi saya yang terlalu malas untuk menulis deskripsi atau keunggulan dari masing-masing lagu. :D

Selamat mendengarkan!



PS: Urutan lagu dalam playlist ini tidak berdasarkan peringkat.

1. Scaller - The Youth
2. Morfem - Tersesat di Antariksa
3. Sigmun - Devil in Disguise
4. Polka Wars - Mokelé
5. Efek Rumah Kaca - Putih
6. MarcoMarche - Senja dan Mentari
7. Sungai - Kelabu
8. Kemedja Poetih - Resah Menderu
9. Puti Chitara - Snow in Summer
10. SORE - R14
11. Sajama Cut - Fatamorgana
12. Gardika Gigih Pradipta ft. Leilani Hermiasih & Puput Pramuditya - Tenggelam
13. Silampukau - Lagu Rantau (Sambat Omah)
14. Monita Tahalea - 168
15. Kunto Aji - Mercusuar



Klik untuk mengunduh playlist ini.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Day #11: The Like In I Love You

Lampau: Ulasan Album Centralismo - SORE

Enam Lagu Yang Mendefinisikan Paloh Pop