2011: Tahun Saxophone


Jika ada kategori instrumen musik paling seksi pasti akan jatuh kepada instrumen musik Saxophone.  Keseksiannya dapat disimak dari bentuk fisiknya yang lentik dan juga suaranya yang terkadang mendesah namun dapat juga melengking.

Citra seksi itu diperkuat dengan penggunaan Saxophone yang banyak menghiasi lagu-lagu jazz, blues dan lagu-lagu bertempo lambat. 

Pada perkembangannya, Saxophone juga digunakan untuk beberapa genre musik di luar jazz dan blues.  Salah satu contohnya dimulai ketika grup musik legendaris The Beatles menyelipkan solo Saxophone pada lagu “Lady Madonna” yang dirilis di tahun 1968.

Kemudian, Rolling Stone juga menggunakan instrumen Saxophone dalam album mereka Exile on Main St di tahun 1972. Setelah itu, band dan musisi rock seperti Pink Floyd, Steely Dan hingga David Bowie mencoba memasukkan unsur saxophone dalam beberapa lagu mereka.

Kepopuleran Saxophone dalam ranah musik populer kini kembali bergema.
Di tahun 2010, band indie rock asal Amerika Serikat, Deerhunter menampilkan suara Saxophone dalam lagu mereka “Coronado” Suara Saxophone tersebut menurut Vokalis Deerhunter, Bradford Cox terinspirasi dari album Rolling Stone, Exile on Main St.

Tahun lalu dalam sebuah wawancara, Bradford mengungkapkan, “Saya mulai melihat Saxophone ini akan menjadi sesuatu yang besar. Tahun depan setiap orang akan menggunakan Saxophone dalam album mereka. Karena Saxophone itu keren.”

Dan ramalan Bradford kini terbukti benar.

Sepanjang tahun 2011 beberapa penyanyi dan band beramai-ramai memasukkan unsur Saxophone dalam lagu-lagu mereka. Seketika Saxophone menjadi tren yang cukup bergaung sekarang ini.
Berikut ini adalah beberapa penyemarak dari suara lirih dan lengkingan instrumen Saxophone sepanjang tahun 2011.

Lady Gaga – The Edge of Glory


Menurut pengakuan Lady Gaga, melodi lagu ini banyak dipengaruhi oleh gaya musikal Bruce Springsteen dan beberapa karya musik Adult Contemporary di era 80an. Salah satu unsur penguatnya melalui solo Saxophone yang dimainkan dengan garang oleh musisi senior Clarence Clemons yang baru saja meninggal dunia pada bulan Juni 2011 lalu.

Katy Perry – Last Friday Night (T.G.I.F)



Lagu ini menampilkan solo saxophone di menit ketiga yang seketika membuat aroma 80an di lagu ini kian terasa. Walaupun dalam video musiknya, terdapat sosok Kenny G, namun yang memainkan solo Saxophone dalam rekaman lagu ini ialah pemimpin musik dari band pengiring acara televisi SNL yang bernama Lenny Pickett.

Destroyer – Kaputt



Dalam album teranyar dari band asal Kanada, Destroyer ini menyuguhkan karya musikal yang banyak meniupkan aroma soft rock di akhir 70an dan romantic pop ala 80an. Tentunya kehadiran Saxophone dalam album, khususnya lagu ini menyempurnakan nostalgia yang telah diusung.

Washed Out  - Far Away (Yours Truly version)


Musisi Ernest Greene yang menggunakan nama panggung Washed Out dikenal sebagai penggerak musik chillwave yang berkembang pesat di tahun 2010. Lagu “Far Away” ini ada dalam album debutnya yang dirilis di tahun ini. Dalam sebuah sesi live untuk portal musik Yours Truly, Ernest mengubah karyanya menjadi lagu soft rock 70an, lengkap dengan suara saxophone yang lirih.

M83 - Midnight City


Band asal Perancis yang dipimpin oleh musisi Anthony Gonzales tahun ini kembali lagi mengajak setiap orang terbang dan mengawang ke angkasa dengan album baru mereka. Single perdana ini adalah sebuah karya epik yang meraih klimaksnya melalui solo Saxophone di penghujung lagu. 

Komentar

  1. paling klimaks M83 dim! hacep lah

    BalasHapus
  2. Dan jangan lupa Arrington de Dionyso yg kita nonton bareng live-nya di Bandung. :) Spesial untuk masbro ini ada kliping artikel lama http://budiwarsito.net/orang-sial-jang-menemukan-saxofon/

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Day #11: The Like In I Love You

Lampau: Ulasan Album Centralismo - SORE