He Ain't Heavy He's My Brother - The Hollies

Sebuah lagu akan selalu hidup untuk momen tertentu. Momen itu bisa kita alami sendiri maupun kita lihat dalam sebuah adegan film ataupun iklan. Dan jika lagu dan momen bersatu dengan sempurna, maka sudah bisa dipastikan sebuah lagu akan selalu membawa ingatan kita untuk kembali pada sebuah momen.




Salah satu bukti pernyataan di atas adalah lagu "He Ain't Heavy He's My Brother" milik grup asal Inggris, The Hollies. Bagi saya dan banyak orang yang kemampuan mengingatnya sudah berjalan di awal tahun 90an, lagu ini akan selalu mengingatkan pada iklan IBM. Iklan televisi IBM ini ditayangkan sekitar tahun 1992. Waktu itu saya masih duduk di kelas 4 SD. Sebelum melihat iklan tersebut, saya sama sekali belum pernah mendengar lagu milik The Hollies ini. Namun satu hal yang pasti, saya sangat terkesan oleh lagu dan adegan dalam iklan itu.

Iklan IBM ini menampilkan dua ekor gajah (induk dan anak) yang berjalan di tengah padang pasir tandus. Sang induk dengan penuh kasih membantu anaknya melewati berbagai rintangan selama perjalanan. Sesimpel itu. Namun sangat mengena.

Pada akhir iklan, kita pun tahu apa maksud dari semua adegan tersebut. Peran sang induk Gajah adalah ilustrasi dari peran IBM yang siap membantu siapapun yang sedang memulai kegiatan berbisnis. IBM melalui komputer personalnya, selalu siap untuk mendampingi serta membantu semua kegiatan bisnis yang membutuhkan komputer.

Lalu konsep cerita tadi digenapkan oleh iringan lagu "He Ain't Heavy He's My Brother" yang bercerita mengenai persahabatan dan sikap saling membantu. Lagu ini sendiri dirilis sebagai singel pada tahun 1969. Di lagu ini, Elton John menyumbangkan permainan pianonya.

Lagu yang diciptakan oleh Bobby Scott dan Bob Russel ini terinspirasi dari kisah para tentara di perang sipil Amerika. Karena liriknya yang sarat dengan nuansa kasih yang positif, lagu ini juga digunakan sebagai iklan kampanye anti narkotika di Amerika Serikat.

Akhirnya, saya harus berterima kasih kepada IBM yang telah mengenalkan saya dan juga ke banyak orang di luar sana kepada salah satu lagu balada terindah yang pernah tercipta. Dan hingga kini, perasaan saya selalu berdesir setiap mendengar intro harmonica pada lagu ini.



Komentar

  1. sangat berkesan lagu dari iklan ini, sampai dengan sekarang ini (2012)

    terima kasih berbagi

    BalasHapus
  2. seingat saya, iklan IBM yang di tayangkan dan di ceritakan kembali ini kurang lebih pada tahun 1985 an .....

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Day #11: The Like In I Love You

Lampau: Ulasan Album Centralismo - SORE