Playlist 5 Benua di Bebas Liburan


Setiap mau liburan atau berpergian ke suatu tempat, kegiatan membuat playlist menjadi kegiatan utama yang saya beri perhatian khusus bahkan lebih spesial dari kegiatan packing. haha.

Saya selalu semangat setiap membayangkan lagu-lagu apa yang cocok dengan suasana yang menjadi tujuan perjalanan atau liburan nanti. Menikmati suasana pada perjalanan atau tempat berlibur akan lebih sempurna jika diiringi oleh lagu yang tepat. Kelak, lagu-lagu dalam playlist perjalanan atau liburan itu akan memiliki fungsi yang sama dengan foto-foto, yakni mengabadikan memori.


Seperti contohnya, sampe sekarang setiap mendengar lagu "About a Girl" dari Nirvana, saya langsung teringat pada momen liburan perpisahan di Puncak bersama teman-teman SD, 19 tahun yang lalu. Begitu juga saat mendengar lagu "Sayang" dari Chrisye akan langsung membawa memori saya kembali ke jaman kuliah sewaktu liburan bersama di pantai Batu Karas.

Oleh karena itu, dalam mempersiapkan perjalanan atau liburan, membuat playlist menjadi begitu penting dan tidak boleh dilupakan. Sama seperti memastikan bahwa kita jangan sampe lupa untuk membawa kamera sebelum pergi liburan.

Maka, ketika pada pertengahan bulan Desember 2013 lalu perusahaan telekomunikasi XL menawarkan saya untuk membuat playlist untuk proram terbaru mereka, Bebas Liburan, saya sangat antusias. Lebih antusias lagi karena XL meminta saya untuk membuat lima playlist berbeda yang masing-masing disesuaikan dengan benua-benua yang menjadi tujuan liburan dan merupakan hadiah utama dari program ini.



Sekilas mengenai program Bebas Liburan, program ini diadakan untuk mempromosikan produk roaming internasional XL. Peserta dapat memilih hadiah berupa liburan gratis dengan berbagai tujuan benua, yakni Eropa, Amerika, Asia, Afrika dan Australia. Cara mainnya, peserta harus daftar dan menyelesaikan tantangan-tantangan yang ada di microsite http://bebasliburan.xl.co.id/. Peserta harus mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya hingga akhir program untuk memenangkan liburan gratis sesuai benua tujuan yang dipilih dari awal.

Cara daftarnya juga mudah. Tinggal login via Facebook, Twitter dengan email. Setelah tinggal isi data diri dan kita sudah bisa ikutan semua tantangan yang tersedia setiap harinya.

Nah, tugas saya di sini membuat playlist yang disesuaikan dengan nuansa dari kelima benua. Playlist ini akan diselipkan pada saat peserta menyelesaikan tantangan harian. Paling tidak bisa menambah suasana dari masing-masing benua.

Saya salut dengan XL yang menghadirkan elemen musik dalam program-program mereka. Saat ini belum banyak brand lokal yang memikirkan soal sonic branding, yaitu komunikasi dari brand ke konsumen dengan menggunakan elemen audio atau musik. Branding jenis ini adalah bentuk komunikasi yang menghadirkan pengalaman personal. Dan musik seperti kita ketahui dapat berbicara di tingkatan emosional tertentu yang akan meninggalkan kesan yang positif jika dihadirkan secara tepat.

Sonic branding yang dilakukan XL hingga saat ini dapat disimak melalui akun 8tracks XL123. 8tracks sendiri adalah sebuah online radio yang menampilkan playlist-playlist buatan orang-orang. Dalam 8tracks, kita bisa mendengar playlist orang lain dan juga kita bisa membuatnya sendiri.

Sejauh pengamatan saya, XL cukup rajin membuat playlist yang biasanya disesuaikan dengan hari-hari besar ataupun disesuikan dengan program yang sedang berjalan, salah satunya program Bebas Liburan ini. Playlist-playlist yang saya buat untuk Program Liburan juga diunggah pada akun 8tracks milik XL tersebut.

Karena antusiasme yang besar, tidak butuh waktu lama bagi saya untuk menyelesaikan semua playlist pada lima benua yang berbeda. Masing-masing playlist berisi 10 lagu dari 10 penyanyi dan band.

Untuk playlist Eropa, saya memasukkan banyak musisi Perancis dalam playlist. Karena pada Bebas Liburan di benua Eropa, Paris menjadi kota tujuan, selain Brussels dan juga Amsterdam. Musisi Perancis dalam playlist ini, antara lain Henri Salvador, Bertrand Burgalat, Edith Piaf dan France Gall. Ada juga musisi Italia favorit saya, Giorgia Tuma dan juga ada musisi Amerika Serikat, Beirut yang musiknya banyak terinspirasi dari musik Balkan di Eropa selatan.



Untuk playlist Amerika, saya memasukkan semua musisi dan band yang kental dengan nuansa Americana seperti Bruce Springsteen, The Killers, Bob Dylan, Tom Petty. Ada juga lagu-lagu yang menggunakan judul yang sesuai dengan kota-kota tujuan dari proram Bebas Liburan di benua Amerika, seperti San Fransisco dan juga Las Vegas.


Untuk playlist Afrika, saya memasukan lagu-lagu dari musisi dan band dari Afrika Selatan, antara lain seperti Fela Kuti, Amadou and Mariam dan juga Orchestre African All Stars International. Ada juga lagu-lagu dari musisi non Afrika yang menampilkan judul yang berkaitan dengan Afrika, seperti lagu-lagu dari Air dan Paul Simon.



Untuk playlist Asia banyak terdiri dari musisi Korea Selatan, yang mana menjadi salah satu negara tujuan dari program Bebas Liburan ini. Musisi-musisi dari Korea Selatan yang saya pilih terdiri dari berbagai jenis genre musikal, seperti Sweet Sorrow dengan acapellanya, J dengan dance pop dan juga band Sleepstalker dengan indie rock shoegazenya. Ada juga lagu cover dari lagu hits K-Pop "Gangnam Style" yang dibawakan ulang dengan gaya yang cukup berbeda.



Untuk playlist Australia, saya memasukkan nama-nama besar dari benua Kangguru dari genre rock hingga dance. Untuk perwakilan musik rock ada INXS, Tame Impala dan Wolfmother. Dan di genre dance antara lain ada Bag Raiders, Miami Horor dan Empire of the Sun. Ada juga lagu dari musisi non Australia yakni Manic Street Preachers dengan lagu populer mereka "Australia".



Bagi yang ingin mendengarkan playist-playlist antar benua yang saya buat, bisa langsung streaming di akun 8tracks XL yang telah saya sertakan di atas. Tapi lebih baik dengerinnya saat menyelesaikan tantangan harian di Bebas Liburan. Karena selain suasananya lebih mendukung, kamu juga bisa memenangkan hadiah liburan gratis sesuai tujuan yang kamu pilih.

Yuk, liburan gratis!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Day #11: The Like In I Love You

Lampau: Ulasan Album Centralismo - SORE