Enam Karya Lokal Terfavorit Di Enam Bulan Pertama 2013

Memasuki bulan keenam tahun 2013, inilah enam karya favorit dari musisi, beat maker dan penyanyi asal Indonesia yang saya temui di Soundcloud sejauh ini di tahun 2013:



Serenada Iblis - Drive Me Ermy

Serenada Iblis ialah moniker dari beatmaker asal Jakarta,  Muhammad Irfan Handeputra. Seperti produser/beatmaker di luar sana, Serenada Iblis juga kerap menggunakan sample lagu-lagu lama dari soul hingga jazz. Kali ini Serenada Iblis menggunakan sample lagu lama dari Ermy Kullit "Kecupan Pertama" di era 80an lengkap dengan bunyi saxophone yang menggoda. Beat 80an di lagu aslinya diperlambat menjadi lebih groovy yang mau tidak mau memaksa tubuh untuk mengikuti iramanya. Jika menyukai instrumental hip hop dan sejenisnya, Serenada Iblis sangat direkomendasikan. Salah satu yang terbaik dari beatmaker dan hip hop producer di Indonesia.




Wu Ming - Flower of Your Absence 

Saya mengenal Adit a.k.a Tida Wilson melalui teman kampus saya. Adit merupakan adik kandungnya. Dulu setau saya Adit memiliki sebuah band power pop di Bandung. Namun tidak berlanjut seiring kepergiannya untuk kuliah di Singapura. Lama tidak mendengar kabarnya, saya lalu menjumpai halaman Soundcloudnya. Dipenuhi oleh berbagai komposisi yang kebanyakan instrumental, hasil produksi dari software musik yang ia gunakan. Terasa sekali pengaruh dari komposer-komposer film Italia di era 60an pada kebanyakan karya Adit.




Samiun - Lost

Samiun adalah alter ego dari seorang singer songwriter asal Jakarta yang secara pribadi meminta saya untuk tidak menyebutkan identitasnya. Saya mengagumi karya-karyanya semenjak ia masih tergabung dalam sebuah band yang kini sudah resmi membubarkan diri. Lagu "Lost" ini kalau tidak salah hampir masuk ke dalam album bandnya terdahulu, namun akhirnya tidak terjadi. Walaupun masih dalam versi demo, lagu "Lost" ini terdengar sangat indah. Samiun sanggup membuat rasa kehilangan menjadi begitu manis melalui lagu ini. Jika kamu sempat menyukai karya dari bandnya terdahulu, pasti mengenal suaranya di lagu ini. Karena Samiun adalah salah satu vokalis paling berkarakter yang ada di scene musik independent Jakarta saat ini.



Danilla - Terpaut Waktu

Saya lupa bagaimana saya akhirnya bisa kesasar pada halaman Soundcloud dari Danilla, penyanyi asal Bandung ini. Yang pasti tidak butuh waktu lama bagi saya menyukai lagu-lagunya yang diciptakan oleh komposer asal Bandung yang di Soundcloud menggunakan nama Laffa Green. Dan belum lama ini, seorang kenalan di Bandung mengirimkan email untuk meminta pendapat saya terhadap tiga lagu dari seorang penyanyi perempuan yang menurutnya sebentar lagi akan merilis album debut. Kebetulan penyanyi yang ia kirimkan lagunya ke saya ialah Danilla ini. Suara Danilla yang lembut selaras dengan musik jazzy yang ia usung. Dan kehadiran Danilla ini menjadi awan cerah dari scene musik jazz Indonesia saat ini yang mulai kekurangan stock penyanyi wanita yang berbakat. Semoga Danilla dapat bersinar pada waktu yang tepat.



The Age of Metronomical Poetry - The Awakening 

Saya mengetahui keberadaan grup Hip Hop ini dari pacar saya yang kebetulan salah satu dari dua MC yang tergabung dalam grup ini adalah mantan kekasihnya. Di luar urusan sejarah percintaan, harus saya akui ia adalah satu dari sedikit MC Hip Hop/Rap berbakat di negeri ini. Dan The Age of Metronomical Poetry adalah project terbarunya yang sangat berpotensi dan layak diketahui publik secara luas. Walaupun di berbagai sudut pada komposisi ini tercium aroma rilisan-rilisan Stones Throw Records namun saya tau tidak mudah untuk membuat komposisi Hip Hop berkualitas seperti ini. Mendengar komposisi ini membuat saya menanti karya-karya mereka selanjutnya yang mudah-mudahan dapat memberikan angin segar di scene Hip Hop Indonesia.



Ikkubaru - Anything

Ikkubaru adalah band asal Bandung yang banyak terpengaruh oleh musik-musik pop jazz era 80an yang dihasilkan para musisi Jepang. Salah satu lagu mereka menjadi favorit saya tahun lalu dan saya sertakan dalam kompilasi lagu favorit 2012. Dan ini adalah karya terbaru mereka. Masih berbentuk demo tanpa vokal namun sudah sangat memikat dengan intro yang begitu mengasyikkan dan seksi ritem yang rapat, groovy dan melodius. Sudah waktunya Ikkubaru merilis karya mereka dalam bentuk rilisan album.

Komentar

  1. List yang menarik dan rekomendasi yang jujur :)
    Terima kasih sudah mendukung karya yang bagus tanpa pandang bulu hehehe

    BalasHapus
  2. lagi cari referensi malah nyasar kesini... :D
    seep,,, musiknya mantaf mantaf... makasih telah berbagi,,,

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Day #11: The Like In I Love You

Lampau: Ulasan Album Centralismo - SORE