Kilasan Musik Indonesia 2020

Membuat daftar lagu/album terbaik atau terfavorit sepanjang tahun sudah menjadi ritual tahunan yang pertama kali saya lakukan dari tahun 2006 sewaktu zaman ngeblog di Multiply. Seiring perkembangan dari pola konsumsi musik dari tahun ke tahun, format daftar tahunan ini juga kerap berubah-ubah.

Sejak 2018, saya mulai berbagi daftar lagu terbaik ke dalam beberapa playlist yang dibagi per tema. Untuk daftar 2020 ini saya kembali menggunakan formula yang sama namun dengan perubahan di tema playlist dan juga saat ini lebih banyak menampilkan ragam karya musisi tanah air. 

Pembagian tema kali ini tidak hanya dibedakan dari genre musik saja namun juga dari tangkapan tren atau fenomena musik yang terjadi sepanjang satu tahun. Di tahun ini juga saya memulai untuk menyoroti pergerakan kancah musik di sebuah kota yang bergeliat sepanjang tahun. 

Total ada 13 playlist musik Indonesia ditambah 2 playlist mancanegara dengan masing-masing playlist menampilkan 20 lagu dari 20 musisi yang berbeda. Semoga dapat memberi gambaran betapa kaya dan beragamnya musik Indonesia hari ini.



Musik Indonesia di 2020 adalah salah satu yang paling bergairah selama kurun waktu 10 tahun terakhir. Akibat banyak melakukan aktivitas di rumah, semakin banyak juga waktu yang dapat digunakan para musisi untuk mengulik lebih dalam musik yang mereka inginkan. Hasilnya dapat terlihat dari kematangan sekaligus keberanian karya musik yang diriliş sepanjang tahun 2020. Lebih menggembirakan lagi, banyak karya cemerlang di tahun ini dihasilkan oleh deretan talenta muda yang tersebar di banyak kota di Indonesia. 

Pandemi memang membuat musisi kehilangan salah satu sumber pendapatan terbesar mereka saat ini, yakni manggung namun karya-karya musik bagus yang dihasilkan selama tahun 2020 akan membawa dampak baik yang lestari.

Inilah lagu-lagu favorit saya sepanjang tahun 2020:

Suara Sekarang

Musik Pop Indonesia 2020 adalah kumpulan musik dengan rentang genre yang luas dari para musisi yang memiliki karakter kuat. Nama-nama teratas pada musik Pop Indonesia hari ini adalah mereka yang mencoba berswadaya dan mengepakkan sayap masing-masing. Beberapa di antaranya merupakan jebolan label musik arus utama, ada juga yang baru merintis karir solo hingga para pendatang baru yang segar dan menjanjikan.

 

Mungkin Terlewat

Setiap minggu puluhan atau bahkan ratusan lagu Indonesia diriliş melalui berbagai platform musik digital. Dalam mempromosikan karya terbaru ada musisi yang mendapatkan banyak liputan media, ada yang mudah terjangkau banyak mata karena memiliki engagement tinggi di media sosial atau ada yang mendapat banyak streams dan views. Namun juga masih banyak musisi yang belum cukup beruntung mendapatkan salah satu dari poin-poin tersebut karena satu dan lain hal meski dari segi karya, mereka patut untuk didengar lebih banyak orang.

Rasa Lama

Kepopuleran musik Indonesia era 70an-80an dalam 3 tahun terakhir seiring dengan kepopuleran musik City Pop Jepang dalam tingkatan global mungkin sedikit banyak menginspirasi musisi tanah air untuk membawa unsur-unsur musik lama ke dalam karya saat ini. Eksplorasi mereka terhadap musik masa lalu juga semakin beragam mulai dari Pop balada ala Tito Sumarsono, pop renyah ala Oddie Agam, bubblegum pop ala M2M hingga adult contemporary ala Bobby Caldwell.

Merasuk Jiwa

Setiap tahunnya musisi yang mengusung genre R&B/Soul di Indonesia semakin bertambah jumlahnya dengan kualitas musik dan suara yang semakin baik. Menariknya walau genre musik ini pada umumnya lekat dengan gaya bernyanyi yang meliuk-liuk dengan warna vokal yang tebal, pada beberapa karya R&B/Soul lokal favorit saya di tahun 2020 menampilkan gaya bernyanyi yang santai dengan warna suara yang jauh dari tebal. Mungkin ini kelanjutan dari lagu-lagu bergaya Spotifycore yang kebanyakan berbasis R&B/Soul dengan nuansa yang lebih rileks.

Berceloteh

Tahun 2020 adalah tahun yang padat karya untuk Hip Hop Indonesia. Sepanjang tahun, para rapper dan beat maker papan dalam negeri silih berganti merils karya baru baik itu single, EP maupun album. Beberapa di antaranya juga melakukan kolaborasi yang menarik. Dunia Hip Hop Indonesia di tahun 2020 juga kian semarak dengan karya-karya dari rapper dan beat maker yang berdomisili di Indonesia bagian Timur.

Sepasang

Tahun 2020 adalah tahunnya kolaborasi. Ada yang berkolaborasi antar musisi dari rentang genre yang berseberangan namun ada juga yang memilih untuk bermain aman dengan berkolaborasi antar musisi yang memiliki irisan penggemar yang sama. Bagaimanapun, karya kolaborasi akan selalu memiliki unsur kejutan manis yang terasa istimewa.

The Hopeless Romantic

Setelah tren Folk Senja yang melanda Indonesia pada pertengahan 2010an, di tahun 2020 dinsinyalir ada kelanjutannya dalam kemasan terbaru yakni lagu-lagu balada percintaan dengan lirik bahasa Inggris yang dibawakan secara lemah lembut dengan iringan gitar elektrik/piano saja atau juga dengan iringan beat pelan yang minimalis. Musik-musik sejenis ini di luar sana dipopulerkan oleh Bruno Major yang juga memiliki penggemar yang banyak di Indonesia. Di Indonesia musik-musik seperti ini dipopulerkan antara lain oleh Gangga, Arash Buana dan Rafi Sudirman.

Nirkata

Senang saat mendapati para musisi instrumental Indonesia dari beragam genre musik mulai mendapat sorotan dalam 3 tahun ke belakang. Mulai dari kepopuleran komponis/pianis Gardika Gigih, album Lo-fi Hip Hop Densky yang masuk dalam salah satu album terbaik di media hingga kemunculan raja #Mellowchill, Jordhy Chandra yang menuai banyak streams pada platform streaming. Sayangnya semakin tereksposnya para musisi instrumental dari berbagai genre musik itu belum tertangkap oleh daftar nominasi dan pemenang untuk kategori musik instrumental di AMI Awards yang sejak 2014 masih didominasi musisi dari ranah Jazz.

Manisan

Apapun tren musik yang ada setiap tahunnya, pasti ada segelintir musisi yang masih gemar bermain-bermain dengan petikan-petikan gitar jangly dengan pilihan melodi yang manis dan terdengar lugu. Kabar baiknya kegemaran itu semakin merebak ke banyak kota di Indonesia dengan menghasilkan band-band indie pop generasi terbaru antara lain dari Medan, Solo, Purwokerto hingga Lombok. 

Raung Dawai

Di tahun 2020 yang menampar banyak umat manusia secara keras ternyata sedikit banyak memengaruhi karya dari sebagian kelompok musisi antara lain seperti BAPAK, Rollfast serta Fuzzy, I yang melahirkan karya-karya yang beringas dan liar seperti menggambarkan penyebaran virus yang semakin tidak terkendali. Selain mereka bertiga, beberapa nama lama superti The SIGIT, SCALLER dan juga Morfem membuat 2020 semakin riuh melalui karya-karya terbaru mereka yang solid dengan sidik jari musikal yang kuat.

Degup

Tahun 2020 yang ganjil dan muram juga memengaruhi karya dari sebagian besar musisi dansa/elektronika tanah air yang menyajikan karya-karya yang dingin dengan dentuman perkusi yang terasa belantah. Rasanya seperti tahun 2020 yang tanpa ampun terus menghajar kita. Satu hal yang menarik dari karya para musisi dansa/elektronik di 2020 adalah beberapa dari mereka dapat meramu unsur-unsur musantara ke dalam racikan musik modern tanpa harus terdengar sebagai duta bangsa yang mengenakan batik atau kain tradisional.

Kilas kota: Bali

Jika pada beberapa tahun terakhir hanya para musisi Folk Bali yang banyak terdengar menyeberang pulau, tahun 2020 beberapa karya musisi Bali yang banyak menuai pujian memiliki rentang genre yang berwarna, antara lain Rock Psikedelik melalui Rollfast, Rave eksperimental melalui Gabber Modus Operandi hingga Soul/RnB melalui Soulfood. Salut untuk Dadang Pranoto dari Navicula/Dialog Dini Hari dengan label rekamannya Pohon Tua Creatorium yang menjadi salah satu label musik Bali yang konsisten dengan pilihan artis yang selalu menawan.

Aksen & Sinkop

Di tahun 2020 ini semakin banyak musisi Jazz Indonesia yang merekam dan merilis komposisi orisinal mereka setelah beberapa dari mereka sebelumnya malang melintang sebagai musisi Jazz yang mumpuni di panggung sementara beberapa lainnya sebelumnya masih bekutat dengan berbagai mata kuliah teori dan praktik musik pada pendidikan tinggi di luar negeri. Di tahun 2020 juga mulai bermunculan label musik tanah air yang secara konsisten merilis musik-musik Jazz yang membuat dunia Jazz Indonesia semakin mengasyikkan.


Epilog

Berikut ini dua playlist lagu-lagu mancanegara terfavorit di 2020. 

Comforting Sounds

Kumpulan lagu-lagu dari musisi independen mancanegara yang dapat membuat hari-hari lebih ringan di tahun 2020 yang berat.


Asian Fling

Lagu-lagu rilisan 2020 dari para musisi Asia yang mendapat rotasi putar yang tinggi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Day #11: The Like In I Love You

Lampau: Ulasan Album Centralismo - SORE