Band dan Musisi yang Tak Memainkan Lagu Hits


“Hanya ada satu lagu dari tahun 1800-an yang akan dimainkan, yaitu ‘Lovefool’”, kata Magnus Sveningsson bassist dari The Cardigans saat konferensi pers sebelum konser hari Selasa kemarin.


Pernyataan Magnus tersebut ternyata tidak terbukti benar karena The Cardigans pada konser di Indonesia juga memainkan lagu “Rise & Shine” (atas permintaan penggemar) yang merupakan single debut dari album pertama band asal Swedia itu.

Tetapi selain dua lagu itu, The Cardigans memang tidak menyertakan banyak lagu hits mereka. Para penggemar yang datang ke konser dan berharap dapat bernyanyi bersama lagu-lagu hits The Cardigans harus menerima kenyataan bahwa The Cardigans memang tidak lagi memainkan lagu-lagu hits mereka khususnya dari album-album awal.

The Cardigans bukan satu-satunya band/musisi yang tidak mau memainkan lagu-lagu hits. Yang paling terkenal melakukan hal itu adalah Radiohead menolak membawakan lagu hits di periode awal karir mereka pada setiap konser dalam 10 tahun terakhir. Jadi jika suatu saat Radiohead datang untuk konser di Indonesia, jangan berharap mereka akan memainkan “Creep” atau “Karma Police”.


Beberapa musisi yang pernah tampil di Indonesia seperti Morrissey dan The Smashing Pumpkins juga tidak banyak memainkan lagu-lagunya yang populer. Dan sama seperti The Cardigans, para penggemar yang telah menunggu belasan tahun untuk dapat menyanyikan langsung hits-hits yang dikenal, terpaksa gigit jari.

Mengapa mereka melakukan itu? Di bawah ini ada beberapa penyebabnya.

Tur album baru
Ketika sebuah band/musisi baru merilis album baru, biasanya mereka akan mengadakan tur sebagai sarana promosi album baru. Karena itu lebih dari 50 persen lagu yang dimainkan di konser adalah materi baru yang menyisakan sedikit tempat untuk lagu-lagu lama yang lebih populer dan familiar bagi penggemarnya. Contohnya Incubus ketika di Indonesia.

Perubahan musik
Banyak band/musisi yang mengalami perubahan musik. Dan beberapa, musiknya telah berubah cukup drastis dari musikalitas di awal karir mereka. Karena itu mereka tidak lagi memainkan lagu lama di konser karena dirasa sudah tidak sesuai lagi dengan progresi musikal yang kini telah dicapai. Contohnya The Cardigans.

Alasan pribadi
Seperti kata Seurieus  Band, “rocker juga manusia” Ada beberapa lagu ciptaan para musisi/band yang sangat personal yang mungkin akan mengingatkan  pada suatu kisah tertentu di masa lalu yang sudah ditutup rapat.  Karenanya beberapa musisi/band menghindari memainkan lagu-lagu yang bersifat personal tersebut (yang kebetulan merupakan lagu hits) pada setiap konser. Contohnya Corrine Bailey Rae yang menolak menyanyikan beberapa lagu — karena mengingatkannya akan suami yang sudah berpulang.


Artikel ini tayang di Yahoo! Indonesia pada tanggal 16 Agustus 2012

Komentar

  1. i'm lucky then to watch radiohead playing karma police earlier this year =]

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Day #11: The Like In I Love You

Lampau: Ulasan Album Centralismo - SORE